Rabu, 23 Januari 2008

Tur Dunia Kerja Mahasiswa Manajemen Komunikasi Fikom Unpad

Semester tiga adalah waktunya bagi para mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran untuk melaksanakan masa orientasi jurusan sesuai dengan jurusan yang mereka pilih. Berbagai kegiatan yang berhubungan dengan dunia kerja diadakan pada masa ini. Tentunya hal ini ditujukan agar para mahasiswa memahami dan memiliki bayangan bagaimana situasi yang harus mereka hadapi saat mereka bekerja nanti.

Dunia kuliah memang berbeda dengan dunia sekolah. Jika di sekolah para siswa lebih banyak mendengarkan guru dan mengerjakan latihan-latihan soal, di perguruan tinggi banyak hal lain yang bisa dilakukan oleh para mahasiswanya. Segala hal yang telah dipelajari biasanya disertai dengan praktik langsung, sehingga akan lebih mudah untuk dipahami.

Salah satu jurusan yang telah mengadakan kegiatan orientasi jurusannya adalah Jurusan Manajemen Komunikasi. Mahasiswa Manajemen Komunikasi angkatan 2006 telah mengikuti kegiatan orientasi yang diberi nama POSTER sejak Desember 2007 lalu. Sebagai rangkaian penutup kegiatan ini, diadakan kegiatan Tur Dunia Kerja (TDK) pada 22 Januari 2008.

Menurut Rizfy Juliansyah, Wakil Ketua Panitia POSTER, TDK adalah kegiatan tahunan berupa kunjungan ke beberapa perusahaan media cetak dan elektronik yang ada di Jakarta. Pada tahun ini, Jurusan Manajemen Komunikasi Fikom Unpad bekerja sama dengan Trans7 sebagai media elektonik, dan Tempo serta Hai Magazine sebagai media cetak.

Ketiga media ini dipilih karena masing-masing memiliki karakteristik tersendiri. Trans7 adalah media televisi yang sedang berkembang dan baru saja berganti kepemilikan, sehingga banyak penyesuaian yang harus mereka lakukan. Tempo adalah majalah yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Baik dari segi isi maupun wartawan-wartawan yang bekerja di sana. Dapat dikatakan, dari sinilah wartawan-wartawan sukses dilahirkan. Sedangkan Hai Magazine adalah media cetak dengan segmentasi anak muda.

Kegiatan dilakukan sejak pagi hingga malam hari. Dengan menggunakan tiga buah bus, para mahasiswa diberangkatkan secara bertahap. Tujuan pertama adalah Trans7, kemudian Tempo dan Hai Magazine. Dari seluruh mahasiswa Jurusan Mankom yang berjumlah sekitar 130 orang, 90 orang diantaranya turut serta dalam kegiatan ini.

Hal ini tentu sangat disayangkan oleh pihak panitia. Ternyata tidak semua mahasiswa memiliki kesadaran yang tinggi akan perlunya kegiatan ini bagi masa depan mereka. Padahal, kegiatan ini sengaja diadakan untuk menambah wawasan para mahasiswa dalam mengenal dunia kerja.

Serangkaian kegiatan telah disiapkan oleh pihak panitia selama para mahasiswa berada di perusahaan-perusahaan tersebut. Mereka diperkenalkan dengan cara kerja yang dilakukan oleh bagian marketing, kreatif, public relations, dan lain-lain. Selain itu, staf dari pihak perusahaan juga akan memberikan seminar yang tidak hanya berhubungan dengan kejurnalistikan dari media tersebut, tapi juga pemasaran, perencanaan media, dan lain-lain.

Setelah mengikuti kegiatan ini, para peserta merasa cukup puas dengan apa yang mereka dapat. Menurut Dina, salah satu peserta, banyak ilmu yang didapat dari kegiatan ini. Sistem kerja per kelompok juga sangat membantu, karena membuat suasana lebih teratur dan kondusif.

"Sayangnya kegiatan saat di perusahaan media cetak agak membosankan," tutur Dina. Selain itu, ia berharap pada TDK berikutnya, perusahaan media yang dikunjungi lebih banyak, sehingga sistem kerja yang diketahui peserta lebih variatif. (Annisa Thabiina 2101 1006 0144)

Tidak ada komentar: